KURMA INDONESIA

Indonesia menuju produsen kurma dunia

Rabu, 08 Juli 2009

Memindah Anakan Palem Kurma

Palem Kurma bisa beranak (istilah saya sendiri boleh dong..!) sekitar 20 – 30 tunas di usia antara 10 – 18 tahun. Tapi itu di Timur Tengah. Di Indonesia palem kurma akan beranak pada usia mulai 4 tahun (beranak dini he..he..) bahkan di kebun saya ada yang bertunas 3 biji di usianya yang masih 5 tahun (kok bisa..? Allah Maha Kuasa)

Pada tulisan sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa tunas yang berada di atas (alias tidak “nyembul” dari tanah) dianggap tidak berguna karena tidak bisa berakar. Karena itu sebagiaan besar petani kurma membuangnya karena dianggap tidak berfungsi. Jika dibiarkan maka akan terbentuk banyak cabang dan hal ini tentunya akan mengurangi produktifitas kurma

Tunas sudah bisa dipindahkan pada usia 2 – 5 tahun. Pada usia ini tunas sudah berbobot antara 5 – 10 kg. Pada tunas yang berbobot 10 kg sudah banyak akar yang menancap di tanah dan pada bobot inilah cukup aman untuk dipindahkan.

Bagaimana dengan tunas yang berbobot kurang dari itu? Biasanya tunas yang bobotnya kurang dari 10 kg belum genap berumur 5 tahun. Pada bobot ini agak rawan untuk dipindahkan namun trik dari petani Timur Tengah dalam memindahkan anakan palem kurma ini adalah dengan cara memberikan fungisida.
Semoga bermanfaat.

Zainun Nasich Z (Zen)
Kurma Indonesia
Indonesian Date Palm Reseach and Development
Menganti Gresik Indonesia

3 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda