KURMA INDONESIA

Indonesia menuju produsen kurma dunia

Minggu, 14 September 2008

PENGEMBANGBIAKAN KURMA DARI BIJI

Pengembangbiakan kurma dari biji sebenarnya tidak direkomendasikan bagi petani komersial namun bagi petani tanaman hias hal ini tidak berpengaruh. Sebabnya adalah biji yang ditanam sebagian besar akan menjadi jantan dan tentunya tidak akan berbuah.

Kelebihan dari Pengembangbiakan biji punya banyak variasi keturunan berkaitan dengan kualitas, dan produksi dari pejantan-pejantan yang diinginkan. Petani yang ingin mendirikan sebuah perkebunan komersial tak punya sumberdaya selain menanam tunas. Tapi jika anda bisa membedakan sejak dini mana yang jantan betina anda akan banyak diutungkan untuk membuat varietas baru kurma tentunya dengan perkawinan silang.

Bagi yang ingin menumbuhkan tanaman kurma dengan biji, kotak-kotak dangkal memberikan sebuah metode permulaan yang pas. Biji-biji harus dibersihkan dengan direndam dalam air selama seminggu, dan kemudian disortir dengan menyingkirkan biji-biji yang tidak sempurna. Biji-biji harus ditanam pada 2-5 cm (sekitar 1-2 inci) kedalaman, dan jarak antar biji 8-10 cm (sekitar 3-4 inci). Ketika pemindahan, daun-daun sebaiknya diturunkan/dikurangi hingga tak lebih dari beberapa inci dari tanah, dan kemudian tanaman sebaiknya diberi sejumlah humus sekitar akarnya.

Di area terbuka, sebuah lubang dibuat ditanah dengan sebuah tongkat (jawa:gejig); biji dijatuhkan ke dalamnya dan ditutup dengan tanah atau pupuk kandang, kemudian padatkan dengan kaki. Biasanya untuk penanaman biji berjarak 8 m (sekitar 26 kaki) dalam barisan, dan menempatkan jarak antar barisan-barisan 8 meter (26 kaki).

Tanah harus dijaga terus tetap lembab; pertumbuhan kecambah membutuhkan waktu selama beberapa minggu (kl 40 hari). Selamat mencoba!.

Zainun Nasich
KURMA INDONESIA
Indonesian Date Palm Research and Development
Menganti Gresik

2 Komentar:

  • Pada Rabu, 11 Maret, 2009 , Blogger HERVIN mengatakan...

    wah semoga sukses mas berkebun kurmanya
    ntar kalau dah panen dikabari ya...
    salam kenal

    herfin
    http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com/

     
  • Pada Kamis, 03 Desember, 2009 , Blogger Abu Zuhdi mengatakan...

    Mohon info dimana saya bisa memperroleh pohon kurma yang betina, karena saya sangat berkeingingan utk bisa berkebun kurma terima kasih atas jawabnyya.
    email saya mata165@gmail.com

     

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda