KURMA INDONESIA

Indonesia menuju produsen kurma dunia

Minggu, 10 Agustus 2008

POHON KURMA NAN MEMPESONA



Siapa sih yang tak kenal kurma. Jika bulan Ramadhan hampis bisa dipastikan kurma banyak dijumpai dimana-mana. Tapi bagaimana dengan pohon kurma. Pohon kurma sangat kokoh, anggun, berdaun indah dan tidak gampang rontok. Tanaman ini memang berasal dari Timur Tengah dan Afrika tetapi sudah dikembangkan di Amerika yang merupakan pengekspor kurma jenis Deglet Noor dan Medjool. Walaupun pohon ini bukan pohon pribumi namun di Indonesia sudah banyak menghiasi rumah-rumah mewah, apartemen elit dan pintu masuk perumahan mewah. Kalau anda jalan-jalan ke Surabaya coba mampir di Galaxi Mall persis didepan SOGO tepatnya di jalan Dharmahusada disana nampak ada sekitar 10 pohon yang sangat fantastik. Ya, itulah pohon kurma yang saya sebutkan tadi.


Teruslah jalan ke utara, ada rumah paling mewah di dekat perempatan. Wah wah wah! Anda akan tertegun. Rumah ini di kelilingi pohon kurma yang sangat menawan. Konon rumah ini pernah ditawarkan 1,2 trilyun. Entah benar atau tidak yang jelas pohon kurma memang sangat menawan. Teruslah jalan ke utara anda akan menemukan rumah mewah juga entah milik siapa yang jelas di depan rumahnya ada beberapa pohon kurma yang sangat indah. Wow memang benar-benar indah.


Bukan hanya dari bentuk pohonnya saja. Buah kurma sangat fantastik. daging buahnya manis, lembut, nikmat sekali tergantung jenisnya. Karenanya kurma menjadi buah primadona di bulan ramadhan. Bukan hanya jenisnya yang sangat beragam tetapi buah ini mengandung nutrisi yang sangat dahsyat untuk tubuh. Ketika penulis opname di rumah sakit karena terkena demam berdarah dalam sehari habis setengah kilo kurma Tunisia karena melihat nutrisinya sangat banyak. (bandingkan aja dengan buah yang lain).

6 Komentar:

  • Pada Senin, 11 Agustus, 2008 , Blogger Mi'roji site mengatakan...

    pada dasarnya pohon kurma di indonesia bisa berbuah contoh dimojokerto jawa timur, dan paling banyak dijumpai di sekitar area wisata religi sunan ampel banyak dijumpai buah kurma tinggal pesan bayar dan gak capek-capek merawat pohon asal timur tengah tersebut.

     
  • Pada Selasa, 12 Agustus, 2008 , Anonymous Anonim mengatakan...

    Di Indonesia sudah banyak pohon kurma yang berbuah. Bandung, Gunung Kidul, Batam dan mojokerto adalah suatu bukti bahwa memang kurma bisa berbuah di Indonesia. dan proses berbuahnya sangat alami. Padahal kurma bisa berbuah harus ada perkawinan dan itu butuh campur tangan manusia utuk mencari mana yang jantan dan mana yang betina sehingga bisa dikawinkan dan berbuah. Kalau di Ampel memang nggak usah repot-repot. Tapi kan memetik buah di kebun sendiri lebih nikmat daripada beli ya kan?

     
  • Pada Selasa, 31 Maret, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

    saya Faulina dari program anak-anak di Trans|7.Kebetulan saya sdg melakukan riset utk liputan mengenai perkebunan kurma di indonesia. Bisakah saya memperoleh nomor kontak pemilik kebun kurma yang bisa kita liput nantinya? Mohon infonya via e-mail saya : faulina_imanta@yahoo.com . Terimakasih

     
  • Pada Senin, 07 September, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

    kalao mau beli pohon kurma di bandung dimana ya? tapi kl bisa yang dah siap tanam dan tinggi dah 2 meter gitu. ada daftar nya da?

     
  • Pada Senin, 14 September, 2009 , Blogger Debby Natasha Anggita mengatakan...

    Saya berminat untuk membeli Pohon Kurma, mohon dapat diberikan alamat dan no hp/ no telponnya , mohon kontak ke kami Djunaedy S Anggabrata Jakarta no Hp :08161836639. atau email juned2000id@yahoo.com

     
  • Pada Sabtu, 31 Oktober, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

    Saya dulu pernah menanam kurma di Lubuklinggau-Sumsel, alhamdulillah tumbuh banyak. Tapi, karena oom aku mau nikah, ya.. jadi ditimpa oleh tenda.
    Sekarang, coba menanam lagi. Eh.. tumbuh lagi. tapi cuma 3. Emang nanamnya 3. Tingginya udah 20 cm lebih. Lumayan...
    Liatnya aja udah senang, gimana berbuah...?!

     

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda