KURMA INDONESIA

Indonesia menuju produsen kurma dunia

Rabu, 17 Desember 2008

Jenis kurma (2)

• Kajur – umum di Pakistan / India ‎
• Kenta – umum di Tunisia ‎
• Khadrawy (Bahasa Arab: 'hijau’) - Tanaman kesukaan kebanyakan orang Arab, ‎lembut dan sangat hitam.‎
• Khalasah (Bahasa Arab: 'Saripati’) - Salah satu jenis tanaman terkenal di Saudi ‎Arabia, terkenal dari tingkat manisnya yang tidak terlalu tinggi maupun rendah, ‎jadi sangat cocok untuk banyak orang. Biasa disebut Khalas. Tempat yang ‎terkenal adalah Hufuf (al Ahsa) di bagian timur Saudi Arabia (as Syarqiyyah)‎
• Khastawi (Khusatawi, Kustawy) - Kurma yang paling lembut di Iraq; enak dibuat ‎sirup atau sari buah kurma dan bentuknya sedang, sangat berharga di gurun.‎
• Maktoom (Bahasa Arab: 'tersembunyi’) – kurma ini besar, merah kecoklatan, ‎tebal dagingnya, lembut, tidak terlalu manis ‎
• Manakbir – kurma besar yang cepat matang
• Medjool or (Mujhoolah) (Bahasa Arab: 'tak diketahui’) – asal kurma ini dari ‎Maroko, juga tumbuh di USA, Saudi Arabia, Yordania dan Palestina; kurma yang ‎besar, manis, lembut dan lezat. Diberi nama majhulah karena tak diketahui siapa ‎pemilik awal pohon ini dan tidak diketahui jenisnya sehingga disebut Medjool. ‎
• Migraf (Mejraf) – sangat populer di Yaman Selatan, kurma ini bentuknya besar, ‎berwarna kuning keemasan.‎
• Mishriq (Bahasa Arab: 'timur’- ‎مشرق‎)‎ - dari Sudan dan Saudi Arabia
• Nabtat-seyf – dari Saudi Arabia ‎
• Rodab – dari Iran ‎
• Sag‘ai – Dari Saudi Arabia
• Saidy (Saidi) – lembut, sangat manis, sangatt populer di Libya
• Sayer (Sayir) (Bahasa Arab: 'biasa’) – kurma ini oranye matang agak kecoklatan , ‎berukuran sedang, lembut dan sedikit berair (syrupy) ‎
• Sekkeri - (lit. sugary) warna coklat matang pada kulit, sangat manis, lembut ‎dagung lembut dari saudi arabia ‎
• Sellaj - di Saudi Arabia. ‎
• Thoory (Thuri) – populer di Aljazair, kering (kandungan air sedikit) berwarna ‎coklat kemerahan, dagingnya kadang-kadang keras dan rapuh tapi rasanya manis ‎dan sedikit mirip kacang (nutty) sangat populer di Aljazair. ‎
• Umeljwary - dari Libya. ‎
• Umelkhashab – berkulit merah, rasanya manis campur pahit, berdaging putih dari ‎Saudi Arabia ‎
• Zahidi (Bahasa Arab: orang zuhud) – berukuran sedang, silinder, coklat muda ‎keemasan, agak kering, lembut dan sedikit keras. ‎
• Dan masih banyak lagi.‎

3 Komentar:

  • Pada Selasa, 20 Januari, 2009 , Blogger Intishorbiznet mengatakan...

    Saya sangat tertarik dengan pengembangan kurma yang sedang bapak buat. Saya sendiri kebetulan juga memiliki satu pohon kurma yang tumbuh di belakang rumah. Apakah bapak juga punya bibit yang siap tanam ?

     
  • Pada Rabu, 18 Februari, 2009 , Blogger KURMA INDONESIA mengatakan...

    Terima kasih komentarnya.
    Saya punya banyak bibit.
    silahkan mampir ke rumah saya di Rungkut Menanggal Harapan F-10 Surabaya

     
  • Pada Sabtu, 09 Januari, 2010 , Anonymous Irfan mengatakan...

    Saya ingin meminta tolong kepada bapak, Saya berencana ingin membuat sebuah usaha yaitu membuat jus kurma namun saya agak kesulitan untuk mengetahui jenis kurma apa yang cocok atau terbaik untuk di buat jus mohon kiranya bapak untuk membantu saya memberikan referensi jenis kurma apa sebaiknya yang saya gunakan.

    mohon kirimkan ke e-mail saya irfansaputra@ymail.com

    Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya

     

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda