KURMA INDONESIA

Indonesia menuju produsen kurma dunia

Senin, 18 Mei 2009

Keuntungan Pengembangbiakan Kurma dari Tunas



Ada beberapa keuntungan pengembangbiakan palm kurma dari tunas. Seperti kita ketahui kurma biasanya bertunas setelah umur 10 tahun jika ada pada kondisi iklim panas seperti di Gurun pasir Timur Tengah.

Di Indonesia Palm Kurma akan bertunas pada usia sekitar 4 tahun jika ditanam dari biji. Hal ini terjadi karena Indonesia beriklim tropis dan kondisi alamnya lebih subur daripada Timur Tengah.

Tunas-tunas akan tumbuh di sekitar pohon dan ada juga yang tumbuh di pohon. Karena itu tidak aneh kalau ada kurma yang bercabang. Hal ini terjadi karena tunas-tunas tersebut dibiarkan sampai besar membentuk cabang pohon.

Bagi kalangan petani kurma, tunas yang tumbuh di atas dipotong agar tidak mempengaruhi produktifitas buah.

Keuntungan-keuntungan pengembangbiakan dengan tunas adalah
1. Tunas benar-benar seperti palm induk
2. Kualitas buah anakan sama persis dengan buah palem induk
3. Tunas berbuah dalam 3 hingga 4 tahun

Induk palem dapat memberi 20 hingga 30 tunas. Jika kemudian di tanam di tempat lain tentu akan lebih produkstif dan menguntungkan.

Zainun Nasich
Kurma Indonesia
Menganti Gresik

4 Komentar:

  • Pada Senin, 31 Agustus, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

    Salam, maaf mau nanaya aja, di negeri asalnya kurma kan gan banyak ujan, jadi bunga kurma gak gampang rontok, nah kalo di indonesia kan banyak ujannya, jadi kemungkinan bunganya pada rontok kan juga banya (habis malahan), nah gimana mengatasi ini, karena kalo gak salah kurma berbunga sekitar bulan oktober, CMIIW

     
  • Pada Kamis, 03 September, 2009 , Blogger KURMA INDONESIA mengatakan...

    Betul mas,itulah yang saya khawatirkan selama ini. Tapi kan ada peribahasa sedia payung sebelum hujan. jadi palem kurma yang berbunga harus terlindung dari hujan namun tetap mendapatkan sinar matahari jadi supaya aman harus ada atap pelindung tembus pandang. Begitu kira-kira.

     
  • Pada Selasa, 05 Januari, 2010 , Blogger Riza Faizal Al-Adumanis mengatakan...

    Ass. Wr. Wb., Saya sekarang sedang mencoba tanam Kurma dari Bijinya. Kebetulan bulan Puasa tahun 2009 Saya suka mengikuti buka puasa bersama. dari Biji Kurma ini ada 4 jenis buah kurma (Kurma Nabi / Madinna, Kurma UEA, Kurma Tunisia, dan Kurma Kalifornia)..., sekarang yang sedang tumbuh saat ini Kurma Nabi & Kurma UEA..., kurang lebih ada 20 pohon dan masih ada lagi yang mau muncul tunasnya..., sampai saat ini Saya selalu mengikuti terus perkembangannya Pohon Kurma tersebut..., mudah mudahan ALLAH SWT mengizinkan buat tumbuh didaerah Serang Banten.

     
  • Pada Senin, 11 Januari, 2010 , Blogger Riza Faizal Al-Adumanis mengatakan...

    Ass. Wr. Wb., Saya sekarang mencoba tanam buah Kurma dari bijinya, Kurma Nabi(Madinnah), Kurma UEA, Kurma Tunisia, Kurma Kalifornia, alhasil sekarang ini yang tumbuh Kurma Nabi + Kurma UEA ada 20 pohon, medianya Saya menggunakan Pasir Sungai + Humus Pakis usianya baru 1.1/2 bulan, yang ingin Saya tanyakan pupuk apa yang harus digunakan dalam menyuburkan tanaman tsb.
    Wassalamu'alaikum,
    Riza Faizal Al-Adumanis.

     

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda